Selasa, 24 Maret 2009

Trojan Bukan Virus

Kata trojan diilhami dari Trojan Horse (Kuda Troya) dari mitologi Yunani. para Hacker menciptakan "penyusup" ke komputer orang lain yang disebut dengan Trojan Horse...

Trojan dapat masuk ke komputer melalui beberapa cara dan berbagai sumber yang kurang dipercaya di internet atau orang lain.

1.FUNGSI TROJAN
Komputer yang telah terinfeksi Trojan dapat dikendalikan oleh penyerang melalui versi client-nya. Sebagai contoh Trojan dengan nama NetBus mengendalikan komputer antara lain : (1) menghapus file, (2) mengirim dan mengam, (3) Menjalankan program aplikasi, (4) menampilkan gambar, (5) mengintip program yang sedang dijalankan, (6) Menutup program yang dijalankan, (7) Melihat apa saja yang sedang diketik, (8) membuka dan menutup CD Drive, (9) Mematikan komputer (shutdown), tersebut hanya merupakan contoh yang dikerjakan trojan.

2.CARA KERJA TROJAN
Trojan masuk komputer seseorang melalui du bagian yaitu clien dan server. Jenis trojan yang emmiliki metode auto-starting bekerja pada beberapa file executable yangm sering digunakan, misalnya explorer.exe kemudian memodifikasi file sistem atai windows registry yang ditempatkan di direrktori windows. Pada direktori ini penyerang memodifikasi file sistem misalnya : Autostart Folder, Win.ini, System.ini, Wininit.ini, Winstart.Bat, Autoexec.Bat, Config.sys, dll

3.JENIS TROJAN
Seperti halnya virus, tojan mempunyai jumlah yang cukup banyak dan berkembang seiring waktu. Jenis trojan yang dikenal antara lain
a. Trojan Remote Access (dapat mengendalikan secara penuh pada komputer korban)
b. Trojan Pengirim Password (menyadap password pada internet ke suatu email atau pada saat login, sangat berbahaya jika anda punya password yang sangat penting)
c. Trojan File Transfer Protocol (FTP) (biasanya hanya untuk melakukan download atau upload file)
d. Keylogger (merekam dan mencatat ketukan tombol saat korban melakukan pengetikan dan menyimpan dalam logfile)
e. Trojan Penghancur (Menghancurkan dan menghapus file *.dll, *.ini dan *.exe)
f. Trojan Denial of Service (DoS) Attack (bisa menyerang bertubi-tubi sehingga bisa menutup akses internet dan menyerang e-mail)
g. Trojan Proxy / Wingate (sangat berbahaya karena jejaknya tak dapat ditelusuri waktu mencuri aktifitas korban)
h. Software Detection Killer (bisa melumpuhkan software pendeteksi, bisa menggunakan komputer korban untuk menyerang komputer lainnya)

3. ASAL TROJAN
Trojan bukan saja berasal saat download dan menjalankan server.exe tetapi bisa berasal antara lain : ICQ, IRC, Attachment (lampiran), Physical Access, Lubang Software spt Browser dan E-mail, Netbios, Situs tak dapat dipercaya, dll.

4. CARA MENDETEKSI TROJAN
Jangan kira bila sudah terpasang anti virus menganggap komputer anda aman. Anggapan tersebut tidak benar karena banyak jalan yang dilakukan penyerang. Tanda komputer terserang trojan adalah perilaku tampilan komputer atau hasil deteksi antivirus maupun trojan scanner. Tandanya adalah :
a. Tampil kotak pesan yang tak dikenal tampak pada layar monitor pesan berisi pertanyaan bersifat pribadi.
b. Tampilan windows mengalami perubahan dengan sendirinya.
c. beberapa program terasa lama waktu akan close.
d. program tidak diketahui aktif terlihat di task list.
e. ada tanda informasi dari firewall tentang outbound.
4. CARA MENGHAPUS TROJAN
Pada dasarnya trojan memodifikasi file starup. Menghapus trojan tidaklah mudah sebab salah-salah kita bisa kehilangan registry dan tidak bisa menjalankan program. Salah satu langkah menghapus trojan adalah sbb:
a. pemakaian software antivirus yang di update
b. pemakaian software trojan scanner yang di update
c. memanfaatkan bantuan dari IRC Chanels.
d. cara paling enak yaitu instalasi ulang komputer.

Blog Advertising

Comments :

0 komentar to “Trojan Bukan Virus”

Posting Komentar

Silahkan Komentar Anda, No spam No Porn

Banner Pilihan

INFO SITE

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Blogging Tips Blogs - Blog Catalog Blog Directory
 
View technorati.com

Copyright © 2009 by Free Tutorial

Cak Sulis Banjarmasin Kalimantan Selatan