Sabtu, 25 April 2009

Ilung Larut Berfungsi Ganda

ILUNG begitu masyarakat Kalimantan Selatan menyebut yang nama Indonesianya ECENG GONDOK. Sering LARUT (hanyut) di perairan sungai Barito,...
dan bahkan masih banyak tumbuh di samping rumah-rumah penduduk. Hanya sedikit penduduk yang memanfaatkan Ilung sebagai komoditas.

Eceng gondok selama ini lebih dikenal sebagai tanaman gulma alias hama. Padahal, eceng gondok sebenarnya punya kemampuan menyerap logam berat. Kemampuan ini telah diteliti di laboratorium Biokimia, Institut Pertanian Bogor, dengan hasil yang sangat luar biasa. Penelitian daya serap eceng gondok dilakukan terhadap besi (Fe) tahun 1999 dan timbal (Pb) pada tahun 2000.

Selain dapat menyerap logam berat, eceng gondok dilaporkan juga mampu menyerap residu pestisida, contohnya residu 2.4-D dan paraquat. Pada percobaan diketahui eceng gondok mampu menyerap residu dari larutan yang mengandung 0,50 ppm 2.4-D sebanyak 0,296 ppm dan 2,00 ppm 2.4-D sebanyak 0,830 ppm dalam waktu 96 jam. Adapun paraquat yang diserap oleh eceng gondok dari dua kadar, yaitu 0,05 ppm dan 0,10 ppm masing-masing adalah 0,02 ppm dan 0,024 ppm.

Dan Kesimpulannya ternyata eceng gondok tidaklah sia-sia dicipta oleh Tuhan Yang Maha Esa, apalagi sebagai pengganggu manusia. Eceng gondok dapat dinyatakan sebagai pembersih alami perairan darat / sungai atau danau terhadap polutan, baik logam berat maupun pestisida atau yang lain.

Namun Eceng gondok dapat tumbuh sangat cepat sehingga dalam waktu yang singkat dapat mengurangi oksigen perairan, mengurangi fitoplankton dan zooplankton serta menyerap air sehingga terjadi proses pendangkalan, bahkan dapat menghambat kapal yang berlayar.
Di kalimantan selatan banyak sekali tumbuhan enceng gondok ini, tapi sangat disayangkan masih sedikit yang memanfaatkan ILUNG menjadi produk-produk yang bernilai ekonomi, mulai dari anyaman dompet, tas sekolah, topi, bahkan juga mebel. Masyarakat jelas tidak hanya meningkat pendapatannya, tetapi juga hidup sehat karena terbebas dari ancaman bahan makanan yang tercemar. Hal ini perlu kerjasama dengan pemerintah dan instansi tertentu untuk membina masyarakat.


Contoh gambar yang sudah dihasilkan masyarakat adalah seperti gambar disamping. Bagi Anda yang berniat untuk membeli atau memesan produk tersebut silahkan hubungi Blog ini. Nanti akan diberikan gambar-gambar hasil kerajinan beserta daftar harganya.

Comments :

0 komentar to “Ilung Larut Berfungsi Ganda”

Posting Komentar

Silahkan Komentar Anda, No spam No Porn

free counters

Banner Pilihan

INFO SITE

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Blogging Tips Blogs - Blog Catalog Blog Directory
 
View technorati.com

Copyright © 2009 by Free Tutorial

Cak Sulis Banjarmasin Kalimantan Selatan